Mengapa untuk menjalankan Amway saja perlu ikut seminar, mendengarkan audio dan membaca buku, itu kan butuh waktu dan mahal ?
Jawab : Amway berada dalam kelompok bisnis
bersistem atau kuadran kanan.
Sebagian besar dari kita berasal dari kuadran kiri yaitu kuadran pegawai,
profesional dan pebisnis kecil. Kedua kuadran sangat bertolak belakang. Sifat
dasar pegawai adalah takut mengambil resiko, sedang profesional dan pengusaha
kecil umumnya tidak percaya kepada orang. Disamping itu, keduanya tidak
sabaran. Orang kuadran kiri umumnya gagal jika mencoba menjalankan bisnis
kuadran kanan tanpa bimbingan. Banyak pensiunan direktur yang coba-coba
berbisnis di kuadran kanan (bekerjasama dengan orang) kemudian bangkrut dan
menghabiskan pesangonnya yang ratusan juta. Kita sangat membutuhkan bimbingan
dari mereka yang sudah di kuadran kanan melalui seminar, audio dan buku.
Tidak
sedikit cerita dari para ABO yang karyawan, mendapat promosi berkali-kali
karena kepribadiannya berubah jauh lebih baik setelah menjalankan Amway dan
terus hadir di seminar. Begitu juga yang bisnisnya diluar semakin besar berkat
mereka belajar tentang goal, impian, leadership
skill , people skill dan
sebagainya.
Ada 3
komponen dari bisnis yaitu prasarana
(gedung, karyawan dsb), produk/jasa yang
dijual dan basis konsumen. Dari
ke 3 komponen ini, yang paling penting
adalah basis konsumen. Siapapun yang mampu membangun basis konsumen loyal yang
besar akan memiliki bisnis yang bernilai tinggi. Sebagai contoh, jaringan Mc
Donald mampu membangun basis konsumen loyal yang besar. Sebelum sebuah restoran
MC Donald berdiri di sebuah kota, calon konsumennya sudah banyak yang menunggu.
Begitu dibuka, langsung ramai. Karena itu bisnis Mc Donald berharga tinggi.
Untuk mendaftar saja, dibutuhkan dana 1 juta dollar.
Banyak
pebisnis yang hanya fokus pada prasarana bisnis serta produk & jasa yang
dijual. Akhirnya mereka kehabisan modal kerja ketika menunggu konsumen yang
tidak datang juga. Banyak toko, salon, restoran, bengkel yang buka kemudian
tutup setelah beberapa waktu.
Di
Amway dengan sistem MSO, kita diajari untuk fokus kepada hal yang paling
penting yaitu membangun basis konsumen.
Karena menyangkut manusia, sangat perlu kita belajar dari seminar inspirasi,
buku dan audio tentang bagaimana cara mengelola manusia. Ilmu yang diperoleh
saat menjalankan Amway juga bermanfaat jika digunakan di bisnis
konvensionalnya.
Comments
Post a Comment